Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA RUMAH SAKIT BUMI WARAS

Pada Tahun 1986 berdiri  Klinik Spesialis Bumi Waras dibawah naungan Yayasan Raden Saleh yang menyelenggarakan Pelayanan Rawat jalan, Gawat Darurat dan elayanan Rawat Inap dengan 20 tempat tidur, Pelayanan Radiologi, Laboratorium, kamar Bedah dan Kamar bersalin.

Tahun 1989Klinik Spesialis Bumi Waras berkembang menjadi  rumah sakit umum swasta dibawah naungan Yayasan Raden Saleh sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 920/Menkes/Per/XII/86, tentang Upaya Pelayanan Kesehatan Swasta di bidang Medik.Fasilitas Pelayanan Rumah sakit Bumi Waras dikembangkan bertambah dengan Pelayanan Spesialis : Kardiologi, Pernyakit Dalam, Obstetri & Ginekologi, Kesehatan Anak, Spesialis Gigi bedah mulut, THT dan Mata. Pelayanan Kesehatan Penunjang : Farmasi, Gizi dan Rehabilitasi Medik. Fasilitas Rawat Inap : Terdiri dari  52 (lima puluh dua) tempat tidur yang meliputi: Kelas VIP, Kelas I, Kelas II dan Kelas III .

Pada tahun 1990 Rumah Sakit Bumi Waras mendapat izin tetap dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 150/Yanmed/RSKS/XII/1990 pada   tanggal 20 Desember 1990.

Tahun 2002 Kepemilikan Rumah Sakit Bumi Waras  berubah status  dari  Yayasan Raden Saleh menjadi PT. Andall Waras, dengan tujuan pengembangan pelayanan sesuai dengan perkembangan IPTEK dan dan dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

Pada Tahun 2009 bulan Mei dilaksanakan pembangunan gedung baru RS. Bumi Waras (4lantai). Pengembangan fisik gedung menjadikan penambahan jumlah tempat tidursebanyak 148 tempat tidur.

Tahun 2011 Rumah Sakit Bumi Waras  telah dilakukan akreditasi 5 (lima) pelayanan dasar oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit ( KARS ) Jakarta.

Tahun 2012 dimulai pengembangan gedung Rumah Sakit Bumi Waras menuju Rumah Sakit tipe B, dengan pengembangan fisik gedung, SDM dan sarana penunjang lainnya  yang bertujuan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen, menjamin keselamatan pasien  dan kepuasan pelanggan.

Tahun 2016 Rumah Sakit Bumi Waras telah dilakukan akreditasi Rumah Sakit  oleh KARS Jakata dengan standar JCI dengan hasil terakreditasi paripurna ( bintang lima ) dan hasil survey akreditasi Rumah Sakit tiap tahun dinyatakan paripurna.

Tahun 2019 Rumah Sakit Bumi Waras telah dilakukan Akreditasi oleh KARS yaitu Akreditasi Rumah Sakit dengan standar nasional Rumah Sakit (SNARS ) dan mendapatkan hasil PARIPURNA ( bintang Lima ).